Design on Frame

ARCADIA HOUSE

“Tulisan ini merupakan bagian dari kanal Design on Frame, kumpulan artikel yang membedah desain hasil karya tim Studio BESAR. Untuk melihat artikel Design on Frame lainnya, silahkan klik di sini.”

Project's Summary

Nama Proyek
Arcadia House

Lokasi
Bukit Golf, Kab. Bogor

Kategori
Residensial

Cakupan Kerja
Architecture Design

Status
Renovasi

Tim Desain
Cipta Hadi

Luasan Tanah
112,5 m2

Lantai Dasar
57,8 m2

Jumlah Lantai
2

Luasan Bangunan
115 m2

Tahun Proyek
2019

Kontraktor
Studio Besar

The Case

Berawal dari tawaran Arsitag.com untuk mengerjakan proyek ini, akhirnya kami dipercaya oleh klien untuk bekerja sama mewujudkan harapan klien untuk proyek rumah tinggal ini.

Klien bermaksud merenovasi rumahnya menjadi dua lantai karena ada kebutuhan yang bertambah pada rumah ini. Rumah satu lantai saat ini belum bisa memenuhi kebutuhan untuk kamar anak yang sudah mau bersekolah. Setelah berdiskusi dengan klien akhirnya kami sepakat untuk merubuhkan bangunan eksisting. Keputusan tersebut diambil untuk memudahkan proses konstruksi nantinya karena melihat kondisi rumah yang hanya memiliki satu konstruksi dinding dan atap dengan tetangga. Klien berharap nantinya rumahnya akan memiliki taman dibelakang karena rumah saat ini habis dipakai badan bangunan sampai dinding kavling belakang. Walaupun dengan lahan terbatas klien menginginkan ruangan yang terasa luas dan terang dengan cahaya dan memiliki udara yang baik. Rumah ini nantinya akan dihuni oleh 5 orang, yaitu pasangan suami-istri, 1 anak dan ART.

The Design

Concept

Compact merupakan konsep yang digunakan arsitek untuk menyelesaikan masalah pada proyek ini. Konsep compact digunakan untuk menjawab Kebutuhan ruang yang cukup banyak, yaitu 5 kamar tidur dan 3 kamar mandi. Berbanding dengan budget yang terbatas, membuat arsitek melahirkan konsep compact yang berarti penataan ruang dalam dibuat seefektif mungkin. Dipadu dengan tema arsitektur tropis, bangunan dirancang untuk merespon alam pada lingkungan sekitar.

Diagram Aktifitas Arcadia House

Zoning and Layout

Zonasi Ruang Arcadia House

Saat merancang rumah ini, arsitek sengaja membuat area service berada pada bagian depan bangunan. Hal tersebut dilakukan agar area belakang dapat dimasimalkan sebagai ruang terbuka yang digunakan untuk taman dan mushola. Semua area privat bangunan berada pada lantai atas sehingga area bawah dipakai hanya untuk area service dan semi-publik.

Denah Arcadia House

Sirculations

Sirkulasi kedalam bangunan dibagi menjadi 2 memisahkan antara jalur service dan jalur utama. Penataan ruang pada setiap lantai terdapat ruang kumpul yang cukup besar dengan berhubungan langsung dengan area luar dan dijadikan akses penghubung antar ruang. Ruangan-ruangan dalam bangunan yang didesain compact memang melahirkan koridor, tetapi dengan adanya Ruang kumpul tersebut berfungsi membuat ruang dalam bangunan terasa luas. Selain itu ruang kumpul tersebut juga menjadi akses cahaya dan udara yang masuk dengan maksimal ke dalam banguan karena berhubungan langsung dengan area luar.

Diagram Sirkulasi Arcadia House

Fasad

Beberapa elemen fasad didesain untuk merespon alam sekitar bangunan, seperti kisi-kisi pada tampak bangunan dibuat untuk meminimalisir masuknya cahaya sore karena tampak bangunan menghadap barat laut. Material unfinish pada tampak bangunan seperti dinding batu untuk sekat area service dipakai agar perawatan pada bangunan jadi low maintenance.

Materials

Untuk membuat kesan luas dan terang pada ruang dalam bangunan arsitek memadukan material-material mulai dari dinding dan lantai yang berwarna cerah. Ditambah dengan aksen kayu pada beberapa bagian dimaksudkan agar nuansa ruang tetap terasa hangat.

 

Ruang Tamu dan Dapur Arcadia House.

The Gallery

Jangan Biarkan Proyekmu Over Budget!

Konsultasikan Bersama

Architect + Interior Design + General Contractor

Artikel Lainnya

DoF Lainnya

J-HOUSE ini berlokasi di Jatiwaringin Bekasi, dengan luasan bangunan 186m2. …
Pengoptimalisasian ruang menjadi fokus utama Arsitek ketika mendesain rumah ini. …
Compact merupakan konsep yang digunakan arsitek untuk menyelesaikan masalah pada …