Design on Frame

ATEKINDO OFFICE

“Tulisan ini merupakan bagian dari kanal Design on Frame, kumpulan artikel yang membedah desain hasil karya tim Studio BESAR. Untuk melihat artikel Design on Frame lainnya, silahkan klik di sini.”

Project's Summary

Nama Proyek
Atekindo Office

Lokasi
Cikarang Utara, Kab. Bekasi

Kategori
Commercial

Cakupan Kerja
Interior Design

Status
Renovasi

Tim Desain
M. Nuh Alkindy

Luasan Desain
199,75 m2

Jumlah Lantai
1

Tahun Proyek
2019

Kontraktor
Atekindo

The Case

Atekindo adalah perusahaan yang bergerak di bidang kontraktor MEP. Klien bermaksud merenovasi untuk membuat kondisi kantornya ini agar terasa lebih nyaman dan dapat meningkatkan semangat bekerja perusahaan. Dengan kegiatan utama  rapat, kordinasi, menerima tamu, dan aktifitas kantor pada umumnya, klien merasa kondisi saat ini yang menggunakan tema american style dengan partisi yang tertutup rapat terkesan kaku. Saat ini terdapat barang-barang, alat, juga arsip yang berceceran karena kondisi ruang yang tidak teratur. Sirkulasi dan hubungan pola ruang juga teras aneh dan kurang nyaman. Kemudian karena ada beberapa material yang telah dibeli duluan oleh klien, kami diminta untuk memanfaatkan material tersebut di dalam bangunan.

The Design

Concept

Menciptakan ruang kerja yang nyaman dan terkesan dinamis adalah fokus kami dalam desain interior kantor Atekindo ini. Karena itu kami menggunakan konsep ‘open space’ sebagai acuan dasar dalam mendesain. Open space sendiri adalah konsep desain interior dimana sekat-sekat ruang diminimalisir agar tercipta kesan luang pada ruangan. Konsep ini akan memberikan suasana kerja yang lebih menyenangkan karena pandangan pekerja jadi lebih luas dan segar. Selain itu, minim nya sekat pada ruangan kerja akan membuat interaksi antar pekerja lebih dinamis sehingga memicu produktifitas kerja yang lebih baik.

Ruangan kerja utama Atekindo Office

Zoning and Layout

Diagram Zonasi Interior Kantor Atekindo

Kami membagi zonasi ruang menjadi 2 (dua) bagian, yaitu zona publik dan zona privasi. Zona publik ialah wilayah yang diperuntukkan bagi umum, baik karyawan maupun pengunjung perusahaan. Sedangkan zona privasi adalah wilayah yang dikhususkan bagi karyawan dan tamu terbatas (khusus dengan izin / undangan).

Karena Atekindo merupakan perusahaan yang juga melayani pelanggan di kantor, maka zona publik kami rancang dengan menempatkan ruang tunggu dan ruang tamu di area pintu masuk utama. Sedangkan untuk zona privasi, diisi dengan ruang kerja utama, ruang rapat, dan ruangan para direktur.

Seperti yang telah kami sebutkan sebelumnya, ruang kerja utama kami desain dengan konsep open space. Sedangkan untuk ruang direksi / direktur tetap kami berikan sekat dengan tujuan memberikan privasi yang lebih untuk para direktur.

Denah Interior Kantor Atekindo

Sirculations

Dengan konsep open space pada ruang kerja selain ruang terasa lebih luas, sirkulasi dan hubungan pola ruang jadi lebih mudah diatur dengan ruang kerja sebagai penghubung antar ruang lainnya.

Diagram Sirkulasi Kantor Atekindo

Materials

Secara umum kami menggunakan 3 elemen utama dalam menggunakan material, yaitu kayu, besi dan unfinish. Perpaduan material tersebut dimaksudkan untuk menciptakan suasana kantor yang dinamis, dengan harapan agar dapat meningkatkan semangat bekerja para staff.

Ruang Direktur

The Gallery

Jangan Biarkan Proyekmu Over Budget!

Konsultasikan Bersama

Architect + Interior Design + General Contractor

Artikel Lainnya

DoF Lainnya

Compact merupakan konsep yang digunakan arsitek untuk menyelesaikan masalah pada …
J-HOUSE ini berlokasi di Jatiwaringin Bekasi, dengan luasan bangunan 186m2. …
Rumah satu lantai yang berada di daerah Tapos ini sejak …