Design on Frame

BAITUN NURUL

“Tulisan ini merupakan bagian dari kanal Design on Frame, kumpulan artikel yang membedah desain hasil karya tim Studio BESAR. Untuk melihat artikel Design on Frame lainnya, silahkan klik di sini.”

Project's Summary

Nama Proyek
Baitun Nurul

Lokasi
Perum Permata Cimanggis, Tapos, Depok

Kategori
Resindensial

Cakupan Kerja
Architecture Design

Status
Renovasi

Tim Desain
Cipta Hadi, M. Alfarabi H.

Luasan Tanah
120 m2

Lantai Dasar
77,2 m2

Jumlah Lantai
2

Luasan Bangunan
113,5 m2

Tahun Proyek
2019

Kontraktor
Agus

The Case

Rumah satu lantai yang berada di daerah Tapos ini sejak awal dibeli tidak pernah ditinggal oleh Klien. Sehingga saat kunjungan pertama kondisi bangunan ini sudah banyak bagian-bagian yang rusak. Klien bermaksud untuk merenovasi rumahnya karena ingin ditinggali dengan penambahan beberapa ruang menyesuiakan kebutuhan. Tidak banyak yang ingin Klien ubah pada layout dan tampak bangunan. Perhatian utama klien ada pada suasana ruang dalam. Klien ingin memaksimalkan potensi ruang dan menambahkan beberapa ruang penunjang.

The Design

Global Concept

Mengoptimlisasikan pengalaman orang di dalam rumah menjadi konsep yang Arsitek usung untuk menjawab kasus pada proyek ini. Tidak banyak yang Arsitek ubah pada rumah ini. Metode yang Arsitek lakukan adalah Peningkatan dan perbaikan kualitas ruang.

 

Zoning and Layout

Diagram Renovasi

Dari awal layout rumah ini sudah cukup baik hanya saja secara spasial kurang besar untuk memenuhi kebutuhan Klien. Untuk merespon keutuhan klien Arsitek hanya melakukan pengalihan fungsi dan perbesaran dari ruang-ruang eksisting untuk menciptakan layout yang lebih optimal. Ada beberapa ruang yang klien ingin tambahkan, yaitu ruang tidur tamu, ruang kerja dan ruang cuci jemur. Karena eksisting ini sudah memiliki plafon yang tinggi, maka Arsitek memanfaatkannya menjadi ruang tambahan untuk ruang kerja dan kamar tidur tamu dengan konsep mezzanine. Sehingga efisiensi ruang diharapkan dapat terjadi.

Layout Ruang

Sirculations

Untuk menyesuaikan layout ruang, akses masuk utama dipindah ketengah. Klien yang tidak terbiasa menerima tamu di rumahnya memilih untuk memperkecil ukuran ruang tamu untuk memperbesar ruang keluarga sebagai pusat aktifitas rumah. Sehingga ruang keluarga menjadi penghubung antar ruang-ruang di rumah ini.

Ruang Keluarga

Materials

Ruang Keluarga

Untuk mengoptimalisasi pengalaman orang di dalam rumah Arsitek melakukan permainan material dengan rekayasa warna dan tekstur untuk menciptakan kesan yang lebih hangat terutama di ruang keluarga sebagai pusat aktifitas.

The Gallery

Jangan Biarkan Proyekmu Over Budget!

Konsultasikan Bersama

Architect + Interior Design + General Contractor

Artikel Lainnya

DoF Lainnya

J-HOUSE ini berlokasi di Jatiwaringin Bekasi, dengan luasan bangunan 186m2. …
Compact merupakan konsep yang digunakan arsitek untuk menyelesaikan masalah pada …
Rumah satu lantai yang berada di daerah Tapos ini sejak …