Set Your Kitchen, pt. 1

MENDESAIN DAPUR

Dapur adalah sebuah ruangan yang bisa dibuat sederhana atau kompleks sesuai dengan kemauan penghuninya. Ada banyak hal yang bisa ditambahkan  ke dalamnya. Ada banyak bentuk yang bisa dibuat. Ada banyak material dan warna yang bisa diaplikasikan. Karena variabel yang sangat beragam ini, desain sebuah dapur bisa sangat beragam.

Desain interior sebuah ruangan seringkali tidak definitif. Sebuah ruangan tidak selalu harus mengambil satu konsep tertentu, tetapi bisa mengambil banyak elemen dari berbagai banyak konsep lalu dipadukan sehingga menghasilkan sebuah suasana dengan identitas estetika yang baru. Kemungkinan desain yang bisa dihasilkan tidak terhingga, oleh karena itu tidak jarang orang merasa bingung ketika mereka harus menentukan dapur seperti apa yang ingin mereka miliki.

Studio Besar telah memiliki beberapa kesempatan untuk mendesain dapur, dan hasil desain masing-masing dapur berbeda satu sama lain sesuai dengan personalitas klien, ukuran ruangan, jenis kebutuhan dan jenis material yang diaplikasikan. Berikut beberapa desain dapur oleh Studio Besar yang bisa dijadikan sebagai referensi dalam menentukan konsep desain dapur anda.

Simple and Plain Kitchen

 Gambar 1 “Dapur Nusantech Office (2019)”

Dapur ini adalah dapur umum untuk sebuah kantor dan digunakan oleh karyawan untuk aktivitas memasak sederhana. Oleh karena itu, perangkat di dalam dapur ini termasuk sederhana, peralatan memasaknya hanya berupa kompor dan microwave. Dari segi desain, dapur ini juga termasuk simpel dan lugas. Sebagian besar warna yang diaplikasikan adalah warna putih dengan sedikit warna kayu, kuning dan lampu warna kuning sebagai aksen dekoratif. Konsep dapur seperti ini dapat diaplikasikan untuk menghasilkan ruangan dapur yang terlihat rapi, tidak sibuk dan tidak membutuhkan banyak aktifitas. Dapur dengan desain seperti ini bisa dijadikan sebagai dapur bersih.

 

Scandinavian Kitchen

Gambar 2 “Dapur BNR House (2019)”

Dapur ini berada di dalam ruang berukuran sekitar 2,5m x 2,5m, ukuran yang termasuk kecil. Oleh karena itu, kitchen set dipasang berhadapan dengan dua fungsi yang berbeda. Desain dari dapur ini secara umum mengadopsi konsep scandinavian dengan penggunaan warna dan bentuk monoton dan netral, namun ditambah keramik backsplash dengan motif dan warna beragam untuk memunculkan tampilan yang unik.

Built-in Kitchen Set

Gambar 3 “Dapur Nature Park House (2019)”

Desain dapur memanjang seperti ini diaplikasikan untuk ruang yang memiliki panjang yang lebih namun tidak cukup lebar. Kitchen set tetap dibagi ke dalam dua segmen, satu untuk fungsi yang lebih ringan seperti menyajikan minuman dan makanan yang sudah siap santap dan satu segmen lagi untuk fungsi yang lebih berat seperti memasak dan mencuci piring. Dapur ini didesain menyatu dengan dinding sehingga terlihat menjadi satu bagian dengan bangunan rumah. Kitchen set dipasang hingga menyentuh langit-langit rumah untuk menunjukan kesan seamless, walaupun secara fungsi, tidak semua tinggi dari kitchen set itu memiliki ruang yang berfungsi. Warna kayu dipilih supaya ruangan yang dominan berwarna putih memiliki aksen warna yang hangat.

 

Modern Lux Kitchen


Gambar 4 “Dapur Rumah Pajajaran (2019)”

Konsep desain dari dapur ini adalah menyatukan penampilan yang mewah dengan tampilan yang minimalis. Warna gelap dan table top motif granit digunakan untuk memunculkan tampilan lux sedangkan bentuk daun pintu lemari yang seamless tanpa gagang memberikan tampilan yang minimalis. Langit-langit di dapur ini memang tidak tinggi supaya menempel langsung dengan badan kitchen set. Dengan begitu, ruang kosong sempit antara kitchen set dan langit-langit dapat dihindari.

 

Spatious and Expensive Looking Kitchen


Gambar 5 “Dapur MGH House (2019)”

Untuk rumah yang memiliki ukuran dapur yang luas memang cocok menggunakan desain dapur dengan kitchen set lengkap dan sebuah kitchen island. Ukuran dapur yang besar ini juga cocok menggunakan tampilan lux dengan pemakaian warna kayu fine woods serta table top bermotif marmer mengkilap. Tinggi kitchen set ini juga termasuk di atas rata-rata, yaitu 3,5 meter hingga menyentuh langit-langit untuk menyesuakan proporsi dengan ukuran bentangannya yang termasuk lebar. 

 

Lively Small Kitchen


Gambar 6 “Dapur Arga Padma House (2020)”

Penggunaan kitchen island tidak melulu harus pada dapur yang berukuran besar, dengan catatan selama ada lebar yang cukup untuk meletakkan kitchen set, kitchen island dan jalur sirkulasi. Desain dapur bergaya scandinavian ini tidak memiliki banyak lemari penyimpanan. Hal ini bisa karena klien memang tidak memiliki banyak peralatan dapur yang perlu disimpan atau kerena beberapa barang yang jarang dipakai tidak disimpan di dalam kitchen set. Dapur ini mengaplikasikan ambalan sebagai tempat meletakkan barang-barang kecil untuk memperlihatkan kesan dapur yang aktif dan lebih dinamis dibandingkan dengan desain lain yang lebih rapi dan tertutup. Dapur ini juga terhubung langsung dengan pintu kaca yang menghadap taman untuk memperoleh pemandangan dari dalam dapur dan cahaya dari luar ruangan.

Kitchen With Bright Light Wood Texture


Gambar 7 “Dapur Palagan Residence (2020)”

Dapur dengan desain warna terang biasanya menggunakan material penutup dengan warna solid, akan tetapi, banyak material penutup dengan motif kayu yang memliki warna selain dari gradasi warna coklat. Desain dapur ini memakai material penutup yang memiliki warna kayu yang pucat dan kayu berwarna muda. Daripada warna polos yang biasa ditemui di desain kitchen set minimalis, warna kayu pucat memberikan corak kayu yang distingtif namun dengan warna yang tidak pekat layaknya rata-rata warna kayu yang kecoklatan.

 

 

Jangan Biarkan Proyekmu Over Budget!

Konsultasikan Bersama

Architect + Interior Design + General Contractor

Artikel Lainnya

Artikel Lainnya

Doll Your Bathroom Up, pt. 1 MEMILIH WARNA KERAMIK KAMAR …

Set Your Kitchen, pt. 1 MENDESAIN DAPUR Dapur adalah sebuah …

Design on Frame ATEKINDO OFFICE “Tulisan ini merupakan bagian dari …

Design on Frame J HOUSE “Tulisan ini merupakan bagian dari …